18 April, 2020

SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

Merupakan sifat fisis yang hanya tergantung pada konsentrasi dan atau jumlah partikel zat terlarut dalam sebuah larutan (konsentrasi), dan tidak tergantung pada jenis zat. Banyak sekali dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan sifat koligatif diantaranya pembuatan es puter dimana ada
penambahan garam dapur pada granula es di luar tabung esnya.
Murid-murid sebelum masuk ke materi sifat koligatif kita akan membahas tentang Konsentrasi larutan.

I. KONSENTRASI LARUTAN

A. Kompetensi Dasar
3.1. Menganalisis fenomena sifat koligatif larutan (penurunan tekanan uap jenuh, kenaikan titik didih, penurunan titik beku, dan tekanan osmosis).

B. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1Menentukan konsentrasi molar
3.1.2. Menentukan konsentrasi fraksi mol
3.1.3. Menentukan konsentrasi molalitas

C. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu menghitung konsentrasi molar suatu larutan dengan tepat
2. Siswa mampu menghitung konsentrasi fraksi mol suatu larutan dengan benar
3. Siswa mampu menghitung konsentrasi molal suatu larutan dengan benar

D. Materi Pembelajaran
Siapa di antara murid-murid yang suka minum sirop? Untuk membuat segelas sirop, hanya butuh sirop pekat sebagai gula dan air. Proses pembuatannya juga sangat mudah, cukup mencampurkan sirop pekat (gula) dan air sesuai takaran. 
Agar rasa sirop enak untuk dinikmati, perbandingan antara gula dan air seimbang. Jika terlalu banyak atau terlalu sedikit gula, rasa sirop tidak akan pas di lidah. Artinya apa, dalam membuat sirop, usahakan jangan terlalu pekat atau terlalu encer. Apa sih indikator suatu cairan dikatakan pekat atau encer? Perhatikan gambar berikut ini :









Diantara lima macam larutan di atas manakah yang lebih encer? dan manakah yang lebih pekat? kenapa bisa warnanya berbeda-beda?

Pengertian Larutan
Sebelum belajar tentang konsentrasi, murid-murid harus tahu dulu apa itu larutan. Apakah larutan itu? Larutan merupakan campuran homogen yang dibentuk melalui reaksi antara pelarut dan zat terlarut. Pelarut adalah zat yang jumlahnya banyak, sedangkan zat terlarut adalah zat jumlahnya lebih sedikit. Lalu apa hubungan antara larutan dan konsentrasi?

Tapi sebagai informasi awal tentang konsentrasi murid murid silahkan tonto video ini !

Sumber video di ambil dari https://www.youtube.com/watch?v=h9oFWfn6qWo

Pengertian Konsentrasi
Konsentrasi larutan adalah besaran yang menunjukkan kepekatan suatu larutan melalui perbandingan antara pelarut dan zat terlarut. Jika zat terlarutnya banyak, maka larutan yang dibentuk memiliki konsentrasi tinggi (pekat). Sebaliknya, jika zat terlarutnya sedikit, larutan yang dibentuk memiliki konsentrasi rendah (encer). Lalu, apa satuan konsentrasi? Ternyata, ada banyak ya satuan dari konsentrasi larutan ini, diantaranya persen massa, persen volume, persen massa per volume, molaritas, molalitas, dan fraksi mol. Kali ini yang kita bahas hanya tiga macam satuan konsentrasi yaitu :

1. Molaritas (M)
merupakan satuan konsentrasi yang menunjukkan banyaknya mol zat terlarut dalam satu liter larutan. Secara matematis, molaritas dirumuskan sebagai berikut :



Adakalanya digunakan hubungan antara persen massa dan molaritas, yang dapat di rumuskan sebagai berikut :




2. Molalitas (m)
Molalitas adalah konsentrasi larutan yang menyatakan jumlah mol (n) zat terlarut dalam 1 kg atau 1000 gram pelarut. Perumusan molalitas adalah sebagai berikut :

 Molalitas = m = jumlah mol zat pelarut/1 kg zat pelarut.


3. Fraksi Mol (X)
merupakan sebagai jumlah molekul suatu konstituen dibangi dengan jumlah total semua molekul, dan dapat di rumuskan sebagai berikut :


Xp + Xt = 1

E. Tugas
Kerjakan di rumah di kumpulkan
1. Hitunglah Kemolalan larutan NaCl 10% massa dalam air adalah (Mr NaCl = 58,5 )
2. Hitunglah molaritas larutan asam formiat HCOOH 4,6% massa dengan massa jenis 1,01 g/mL adalah (Mr CHOOH = 46)
3. Sebanyak 23,4 gram NaCl (Mr = 58,5) dilarutkan dalam air sampai volumenya 500 ml hitunglah molaritasnya
4. Hitunglah fraksi mol naftalena dalam suatu larutan 16% massa naftalen dalam benzene, jika diketahui Mr naftalen = 28 dan Mr benzene = 78.
5. Hitunglah massa zat terlarut dengan (Mr  = 60)  dalam suatu larutan dengan molalitas 0,25 m, jika air yang di gunakan sebanyak 250 gram sebagai pelarutnya
6. Hitunglah molalitas larutan fruktosa 10 % bila Mr fruktosa 180

F. Latihan
Sebagai Latihan untuk memahirkan cara menghitung konsentrasi maka silahkan lakukan latihan melalui Google Form di bawah ini dengan cara mengklik kata Latihan :

Latihan dan masukan Tokennya 17081945

F. Ulangan/Test
Untuk test menggunakan aplikasi Quizizz, silahkan anak-anak datar dulu di web quizizz lalu gabbung dengan bapak. Untuk memulainya silahkan lakukan langkah sebagai berikut:
1. buka alamat joinmyquiz.com
2. masukan kode game dari pak guru kimia yang ganteng
3. klik join/gabung
4. silahkan mainkan 
5. atau mengklik link di bawah ini dengan cara mengklik kata Quizizz !
Quizizz : dan tuliskan kode game dr bpk Guru Kimia yang di bagikan